Mari Belajar

Sedikit tentang cerita pendek

pada September 25, 2012

Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah salah satu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novel.

Di dalam sebuah cerita pendek aspek masalah yang diceritakan sangat dibatasi. Dengan adanya pembatasan ini maka masalah yang diceritakan akan tergambar lebih jelas dan lebih mengesankan bagi pembaca. Oleh karena itu sebuah cerita prosa yang disebut cerita pendek memang menjadi pendek karena pengembangan plotnya sangat dibatasi.

Dalam kesusastraan Indonesia banyak kita jumpai cerita pendek. Tetapi tidak semua cerita yang pendek itu bisa disebut cerita pendek. Sebuah cerita pendek bisa dikatakan cerita jika pada cerita itu kita temui adanya satu kesatuan. Jadi, pendeknya bukan karena dipenggal-penggal melainkan karena memang pengembangan plotnya terbatas.

Nah, itu tadi tentang cerita pendek meski sedikit mudah- mudahan bisa membantu. Aamiin.

Sekedar Informasi cerpen atau cerita pendek itu zaman jaya-jayanya pada masa penjajahan Jepang di Indonesia. Karena pada masa penjajahan Jepang rakyat Indonesia dituntut untuk bekerja secepat mungkin untuk menghasilkan banyak pekerjaan dan itu berdampak juga pada kesusastraan Indonesia pada saat itu. Lanjut deh ke artikel berikutnya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: